Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 5, No 1 (2021)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SDN KRUKUT 1

Hetty Susanti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Rohimi Zamzam (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

ABSTRAKUpaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media pembelajaran kartu huruf pada siswa kelas I SDN Krukut 1, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap kemampuan membaca anak, khususnya siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Krukut 1 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari hasil belajar yang dianggap kurang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada siswa untuk mencari informasi seberapa besar kemampuan membaca anak meningkat, dari jumlah populasi sebanyak 44 siswa Setelah proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran kartu huruf yaitu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca anak pada setiap siklus (prasiklus, yaitu nilai membaca dan pemahaman rata-ratanya mencapai 60,00. Siklus I meningkat dari nilai rata-rata siswa yaitu membaca pemahaman mencapai 62,60, dan siklus II pemahaman siswa terhadap isi bacaan mengalami peningkatan mencapai rata-rata 77,72. Sedangkan hasil belajar kelompok pada siklus II kelompok m A dan B rata-rata memiliki keaktifan, perhatian, kerjasama dan ketepatan sebesar 85%, lebih besar dari kelompok lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.Kata kunci: Media pembelajaran kartu huruf, Kemampuan membaca anak,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...