AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui model pembelajran kooperatif (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitia ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus yang masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase dan didasarkan pada refleksi tiap siklus. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran yaitu (1) aktivitas guru meningkat, pada siklus 1 memperoleh rata-rata 31 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 39,5 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa meningkat, pada siklus 1 memperoleh rata-rata 33 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 41,5 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI Tata Boga 1 di SMKN 3 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran tata boga untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Aktifitas Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Achievment Division (STAD)
Copyrights © 2020