Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis
Vol 3 No 1 (2021): Januari 2021

Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Yang Berhak Mendapatkan Beasiswa Miskin Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)

Febri Febri Hadi Hadi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Gushelmi Gushelmi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

MTsN 2 Padang Pariaman merupakan sebuah sekolah yang dikelola oleh departemen agama. Dalam pemberian beasiswa Pihak sekolah melakukan seleksi siswa penerima beasiswa masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi kesalahan dan tidak adanya kriteria yang jelas dalam menentukan siswa yang memperoleh beasiswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). AHP sebagai tool untuk menyeleksi siswa dengan beberapa kriteria dapat dilakukan untuk mengetahui siswa yang layak diberikan beasiswa miskin. Dalam menentukan siswa yang layak diberikan beasiswa miskin terdapat tiga kriteria dasar yang digunakan yaitu pemegang kartu KIP, penghasilan orangtua, dan jarak rumah. Dari kriteria tersebut diteliti dan mendapatkan nilai tertinggi yang berguna dalam penentuan keputusan untuk menentukan siswa yang layak diberikan beasiswa miskin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jteksis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap perkembangan teknologi komputer, baik dalam pengertian luas maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu yang ...