Ekombis: Jurnal Fakultas Ekonomi
Vol 7, No 1 (2021) April

PERAN IKLAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN: KAMPANYE IKLAN GOJEK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI KOTA TANGERANG

Andres Dharma Nurhalim (sekolah tinggi ilmu ekonomi wiyatamandala)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi mengenai barang atau jasa dari pelaku usaha kepada konsumen, informasi di dalam iklan dapat dipergunakan sebagai panduan bagi konsumen dalam memilih dan membeli barang dan jasa dengan tepat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran iklan yang dilakukan Gojek terhadap perilaku konsumen yang ada di kota Tangerang. Dalam pengambilan data pada penelitian ini penulis menggunakan kuesioner yang mana diberikan kepada responden yang berada di kota Tangerang dengan jaminan kerahasiaan, anonimitas dan kenyamanan yang menggunakan skala Likert yang dibagikan kepada 100 responden. Dalam melakukan pengambilan data terhadap penelitian ini penulis menyadari bahwa responden dalam penelitian ini belum tentu bisa memahami kalimat-kalimat yang konkirt yang ada dalam kuesioner oleh karena itu, maka penulis juga bertindak sebagai guide. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen periklanan yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen adalah manfaat produk yang merupakan manfaat yang diperoleh konsumen dengan menggunakan produk tersebut sehingga dapat menarik perhatian konsumen, menarik minat konsumen, menimbulkan keinginan terhadap produk dan pada akhirnya membuat konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekombis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal E-Kombis adalah media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar Meulaboh yang memuat hasil penelitian dalam rumpun ilmu ekonomi yang meliputi bidang ilmu terkait pada Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Keuangan, Perbankan, Perpajakan dan Akutansi. ...