EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol 6, No 1 (2021): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Pengaruh Koleksi, Layanan, dan Tenaga Perpustakaan Terhadap Potensi Literasi Informasi Mahasiswa

Krida Puji rahayu (Pamulang University)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2021

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to determine the extent of the relationship between collections, services and library personnel to the information literacy potential of Pamulang University students using the ACRL (Association of Research Library) information literacy competency potential standard. This study uses quantitative research methods with regression analysis techniques on the IBM SPSS 21 program. The data analysis technique used is statistical analysis which consists of prerequisite tests for data analysis and hypothesis testing. Based on the results of data processing, it shows that 1) Library collections have a positive relationship with information literacy skills, 2) Library services have a positive influence on the Level of Information Literacy Ability, 3) Libraries have a positive influence on the level of information literacy skills, 4) Simultaneously positive relationship between collections, services and library personnel with the potential level of student information literacy. An increase in the quality of collections, services and library personnel will affect and increase the information literacy potential of Pamulang University students.Keywords: Library collection; Library services; Librarian; Potential for information literacyABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan terhadap potensi literasi informasi mahasiswa Universitas Pamulang mengggunakan standar potensi kompetensi literasi informasi ACRL (Assosiation Colllege Of Research Library). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi pada program IBM SPSS 21. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang terdiri dari uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan bahwa 1) Koleksi Perpustakaan memiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan literasi informasi, 2) Layanan Perpustakaan memiliki pengaruh yang positif terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Informasi, 3) Tenaga Perpustakaan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat kemampuan literasi informasi, 4) Adanya hubungan positif secara simultan antara koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan dengan tingkat potensi literasi informasi mahasiswa. Adanya peningkatan pada kualitas koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan akan memengaruhi dan meningkatkan potensi literasi informasi mahasiswa Universitas Pamulang.Kata Kunci:; Koleksi perpustakaan; Layanan perpustakaan; Tenaga perpustakaan; Potensi literasi informasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...