Jurnal Sains Riset
Vol 10, No 2 (2020): September 2020

PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STRATEGI LOKASI TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SWALAYAN ALFAMART KOTA BAKTI KABUPATEN PIDIE

Nyak Umar (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Ismawati Ismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Price Discount dan Strategi Lokasi terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan strategi lokasi serta variabel dominan yang berpengaruh terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilakukan di Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie yang berlokasi di Pasar Kota Bakti, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie. Sampel diambil sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Dalam menjelaskan hubungan antara variabel independen dengan dependen, model yang digunakan adalah model regresi berganda, yang dapat dinyatakan sebagai berikut :  ? = a + b1X1+ b2X2 + e. Berdasarkan output SPSS diperoleh model regresi berganda dalam bentuk persamaan sebagai berikut: Y = 2.024 + 0.339X1+ 0.174X2, dimana Variabel Discount Price (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti. Hubungan antara variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) terhadap Impulse Buying (Y) pada Swalayan Alfamart Kota Bakti diperoleh nilai indeks korelasi sebesar 62.8% yang menunjukkan adanya hubungan kuat.Indeks determinasi masing-masing variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) terhadap variabel Impulse Buying (Y) diperoleh sebesar 39.5% yang berarti bahwa varisi variabel bebas dapat menjelaskan variabel tidak bebas sebesar 39.5% sedangkan selebihnya yaitu 60.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Variabel Discount Price (X1) dan Strategi Lokasi (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung30.336 > Ftabel3.094.Variabel Discount Price (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti karena nilai thitung 5.780 > ttabel 1.986.Variabel Strategi Lokasi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada Swalayan Alfamart Kota Bakti.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung 3.007 > ttabel 1.986.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...