Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2019): Mei 2019

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK

Ajeng Viria Ningrum (UPS Tegal)
Suwandono (UPS Tegal)
M. Shaefur Rokhman (UPS Tegal)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembeajaran student facilitator and explaining mencapai target. (2) mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik. (3) mengetahui apakah model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, analisis varian multivariat (Manova - One Way), dan uji t2-Hotelling.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembeajaran student facilitator and explaining mencapai target. (2) ada perbedaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik. (3) model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar dan keaktifan belajar peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...