Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2019): November 2019

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Mahbub Bawazir (Unknown)
Suwandono (UPS Tegal)
Moh. Shaefur Rokhman (UPS Tegal)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2020

Abstract

Penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kramat bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran snowball throwing yang nilainya diatas 60 melampaui 75%, 2) Ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional, 3) Motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 326 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri atas 181 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji proporsi pada hipotesis 1, (2) uji manova one-way pada hipotesis 2, (3) uji 2 – Hotelling pada hipotesis 3. Dimana sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran snowball throwing yang nilainya diatas 60 melampaui 75%, 2) Ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional, 3) Motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...