Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2020): Mei 2020

Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Himpunan

Chaqqul Vitri (Unknown)
Eleonora Dwi Wahyuningsih (UPS Tegal)
M. Shaefur Rokhman (UPS Tegal)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dibandingkan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau pada motivasi belajar tinggi, 3) pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran konvensional dibandingkan model Student Facilitator And Explaining terhadap prestasi belajar matematika ditinjau pada motivasi belajar rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 365 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling purposive yang akan diambil kelas dengan guru yang sama kemudian dilanjutkan cluster random sampling yang terdiri atas 181 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) serta uji – t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Student Faacilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional, 2) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining lebih baik atau sama dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar rendah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...