Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dipadukan metode Kumon dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning, 2) Prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dipadukan metode Kumon lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Learnin. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Proporsi Pihak Kanan, Uji Manova, dan Uji Hotelling. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dipadukan metode Kumon dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning, 2) Prestasi belajar matematika dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingdipadukan metode Kumon lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning.
Copyrights © 2020