Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar dan kompetensi terhadap pemahaman akuntansi melalui minat membaca mahasiswa pada STIE Mahkota Tricom Unggul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dan sampel yaitu mahasiswa aktif STIE Mahkota Tricom Unggul berjumlah 210 mahasiswa aktif tahun ajaran 2017-2020. Kemudian teknik penarikkan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur dimana untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel independen terhadap variabel dependen serta peran dari variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap minat membaca mahasiswa. 2) Kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap minat membaca mahasiswa. 3) Perilaku belajar tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 4) Kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 5) Minat membaca berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 6) Perilaku belajar tidak memiliki berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa melalui minat membaca. 7) Kompetensi memiliki berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa melalui minat membaca.
Copyrights © 2021