Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)

Efektivitas Instrumen Penilaian Kinerja Siswa Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Sosiologi

Widia Rahmi (Universitas Negeri Padang)
Ike Sylvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Sikaping untuk mengukur keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain one shot cased study. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan dan dinyatakan layak untuk diujicobakan oleh ahli. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa. Teknik analisa data mengganakan analisis persentase dan membandingkan skor penilaian kinerja siswa dengan acuan penilaian keterampilan sesuai panduan penilaian kurikulum 2013. Instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan meliputi aspek pengumpulan data, analisis data dan komunikasi. Hasil uji efektifitas memperlihatkan 2 orang siswa memperoleh skor penilaian keterampilan dengan predikat A (5 %), 23 orang dengan predikat B (77%) dan 5 orang (17%) dengan predikat C. Hasil ini memperlihatkan instrumen penilaian kinerja efektif mengukur keteampilan siswa khusunya dalam melakukan penelitian dan mempresentasikan penelitian pada materi konflik sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sikola

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model ...