J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): J-PiMat

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Olenggius Jiran Dores ,S.Pd., M.Pd (STKIP Persada Khatulistiwa)
Dwi Cahyadi Wibowo (Prodi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa)
Susi Susanti (Prodi PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika dikelas IV Sekolah Dasar Negeri  03 Sebungkang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 03 sebungkang sebanyak  15 orang  siswa. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif dengan  metode penelitian kualitatif sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) kemampuan berpikir kritis siwa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 03 Sebungkang  sebesar 29,58% kategori sangat rendah. Memahami masalah matematis untuk didiskusikan sebesar 63,33%, mengajukan alasan yang logis berupa konsep/ide sebagai bukti yang valid dan relevan sebesar 26,67%,menyimpulkan hubungan antara ide-ide untuk menyelesaikan masalah matematis sebesar 13,33%, dan mengambil tindakan berupa penyelesaian masalah matematis sebesar 15%. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yaitu faktor psikologis yang terdiri dari perkembangan intelektual, motivasi, dan kecemasan, Faktor fisiologis yang terdiri dari kondisi fisik, faktor kemandirian belajar, dan faktor interaksi. 3) upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pengelolaan kelas, menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan interaksi antara guru dan siswa, dan melakukan evaluasi  pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...