Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH GAYA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP TINGKAT STRES SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN POLIMEDIK DEPOK

Siskandar Siskandar (Institut PTIQ Jakarta)
Susanto Susanto (Institut PTIQ Jakarta)
Ahmad Mulyono (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan gaya belajar dan iklim sekolah terhadap tingkat stres siswa secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 69 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil uji reliabilitas Gaya Belajar sebesar 0,89, iklim sekolah sebesar 0,86, dan tingkat stres siswa sebesar 0,71. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara gaya belajar dengan tingkat stres siswa SMK Polimedik Depok, yang berarti bahwa jika terjadi kenaikan satu satuan skor gaya belajar maka akan mempengaruhi penurunan skor tingkat stres siswa (2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara iklim sekolah dengan tingkat stres siswa SMK Polimedik Depok, yang berarti bahwa jika terjadi kenaikan satu satuan skor iklim sekolah maka akan mempengaruhi penurunan skor tingkat stres siswa (3) terdapat pengaruh antara gaya belajar dan iklim sekolah dengan tingkat stres siswa SMK Polimedik Depok, yang berarti bahwa secara bersama-sama, jika terjadi kenaikan satu satuan skor gaya belajar dan iklim sekolah maka akan mempengaruhi penurunan skor tingkat stres siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...