KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Vol. 3 No. 1 (2021)

Kegiatan Literasi: Tingkatkan Literasi Cerdaskan Generasi melalui Extensive Reading di Desa Curug Agung Kecamatan Baros Kabupaten Serang

Eva Fachriyah (Unknown)
Eva Safaah (Universitas Serang Raya)
Dentik Karyaningsih (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2021

Abstract

Dari beberapa hasil riset disebutkan bahwa kemampuan membaca atau literasi orang Indonesia masih rendah. Salah satunya menurut hasil penelitian Programme for International Student Assesment (PISA) dinyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua terburuk dari 65 negara yang diteliti di dunia. Begitupun, di desa Curug Agung berdasarkan hasil observasi bahwa kemampuan membaca pada masyarakat juga masih rendah, maka kepala desa menghimbau kepada tim pengabdi untuk memberikan pengarahan, pelatihan, dan stimulus untuk meningkatkan kemampuan membaca masyarakat. Selain itu, agar kegiatan membaca dapat menjadi suatu kebiasaan atau budaya khususnya bagi generasi muda penerus bangsa. Untuk itu, pada kegiatan ini diberikan sebuah pelatihan dan pemaparan informasi konsep strategi dan pendekatan untuk meningkatkan kemampuan membaca yaitu pendekatan extensive reading. Sebuah pendekatan yang dimulai dengan sesuatu yang menyenangkan. Maka, akan diharapkan akan menjadi suatu rangsangan agar anak-anak mau membaca. Kegiatan literasi dapat dikatakan 100% berjalan baik dan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam berdiskusi, baik bertanya maupun berbagi pengalaman. Selain itu, dapat terlitat dari antusiame anak-anak atau siswa siswi sekolah dasar dalam membaca buku yang disediakan melalui perpustakaan keliling.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat ISSN 2657-1110, this Journal contains the results of community service and empowerment activities in the form of the application of various fields of science including education, economics, engineering, agriculture, social, humanities, and computers. ...