Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
Vol. 4 No. 1 (2021): Februari 2021

Analisis Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi On Line GRAB di Yogyakarta

Arif Sudaryana (Program Sarjana Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta)
Latifah Wati Kardiana (Program Sarjana Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Kepuasan konsumen adalah kunci bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan, sehingga semua orientasi proses perusahaan dirahkan untuk memberi kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh harga, promosi, kepercayaan, kualitas layanan dan kemudahan terhadap kepuasan konsumen Grab di Kota Yogyakarta .. Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakarta sehingga sebagai populasi adalah  seluruh konsumen Grab yang berdomisili di kota Yogyakarta. Dari populasi tersebut, diambil sebagian sebagai sampel untuk sumber data sejumlah 120 konsumen sebagai responden  yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara tertutup yang dilengkapi dengan skala Likert lima rentangan yang diuji coba untuk diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Seluruh data yang terkumpul  dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi berganda disertai dengan analisis determinasi.                  Berdasarkan analisis terhadap  indikator-indikator variabel pada instrumen penelitian ini teruji  valid dan reliabel. Berdarkan analisis data hasil penelitian ini membuktikan bahwa harga, promosi, kepercayaan, kualitas layanan dan kemudahan berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan konsumen Grab di Yogyakarta. Berdasarkan Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dirumuskan dalam  persamaan regresi sebagai berikut: Y = -1,937 + 0,332 X1 + 0,114 X2 + 0,092 X3 + 0,136 X4 + 0,411 X5  sedangkan analsisis determinasinya diketahui sebesar 0,770 atau 77%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bisman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, is an electronic scientific journal published online twice per year or once per semester in February and August. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management has been rewarded e-ISSN 2614-6592 since 2018, ...