Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 2, Nomor 2, Desember,

Model Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PKn Kota Palangka Raya Pasca Sertifikasi Melalui MGMP

Lampe, Yetwirani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2014

Abstract

Pengakuan kinerja profesi dalam bentuk sertifikat pendidik tidak saja memvonis seorang guru mumpuni diatas segalanya, tetapi juga membuat arogansi tersendiri. Pengakuan sebagai agen pembelajaran yang profesional memang hanya bergantung pada selembar penghargaan sertifikat pendidik. Permusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pengembangan kompetensi profesional guru PKn pascasertifikasi di kota Palangka Raya? Bagaimanakah model pengembangan guru PKn pasca sertifikasi di kota Palangka Raya? Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui gambaranpengembangan kompetensi profesional guru PKn pasca sertifikasi dikota Palangka Raya. Model pengembangan guru pasca sertifikasi dilakukan dengan menggunakan model Jigsaw yang tergambar dalam skema kegiatan MGMP, dilengkapi dengan sintaks, alokasi waktu dan monitoring serta pengawasan. Uji ahli dan praktisi sebanyak 6 orang. 1 orangmenyatakan model berada dalam kriteria sangat baik (1 orang dari tim ahli), 4 orang menyatakan baik (1 tim ahli , 3 praktisi), dan 1orang dari tim praktisi menyatakan cukup. Berdasarkan uji ahli dan praktisi tersebut maka model ini dapat diimnplementasikan dalam kegiatan MGMP. Oleh karena keterbatasan waktu dan biaya maka ujicoba dan implementasi tidak dapat dilaksanakan.

Copyrights © 2014