Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 4 No 2 (2020): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI ANALISIS KOEFISIEN DETERMINASI DAN UJI REGRESI

Edy Saputra (STAIN Gajah Putih Takengon)
Rahmy Zulmaulida (Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif pada pembelajaran Anchored Instruction terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa melalui analisis koefisien determinasi dan uji regresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang bertujuan menyelidiki sejauh mana variasi pada satu variabel berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih variabel lain, berdasarkan koefisien korelasi dan persamaan regresi. Teknik pengumpulan data dalam penelian ini menggunakan tes GEFT dan tes kemampuan komunikasi matematis. Tes diberikan pada 25 orang siswa SMA kelas X. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling. Analis data dalam penelitian ini menggunakan kooefisien determinasi dan regresi sederhana untuk menentukan besar pengaruh dan prediksi perubahan antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif tipe Field Dependent dan Field Independen pada pembelajaran Anchored Instruction terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa melalui analisis koefisien determinasi dan uji regresi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...