Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI BIMBINGAN DAN KONSELING (OKTOBER:2020)

PENGARUH LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019.

muhazir muhazir (STKIP BUDIDAYA)
Ayu Syahputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan  informasi studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa kelas XI Di SMK Negeri 2 Binjai  Tahun Ajaran 2018/2019. Perencanaan karir adalah suatu proses yang dilalui sebelum pemilihan karir. Pentingnya perencanaan karir  bagi peserta didik karena dengan adanya perencanaan karir ,peserta didik dapat benar-benar menentukan apa jadinya dirinya dan dapat mempersiapkan apa saja yang harus dipelajari,agar peserta didik tidak salah dalam merencanakan karirnya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 32 orang.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Binjai. Hasil dari penelitian ini adalah Ho ditolak Ha diterima dikarenakan nilai hasil uji-t P<0,05 yaitu (0,00<0,05) jadi berdasarkan hasil kesimpulan terdapat pengaruh signifikan dari layanan informasi studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa kelas XI Di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019.Saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat merencanakan karirnya sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya,guru dapat membantu mmberikan informasi tentang perencanaan karir agar siswa dapat merencanakan karirnya dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya,diharapkan agar membuat alat ukur yang bahasanya mudah dimengerti oleh siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jb

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Februari dan Agustus. Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ...