Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol 3, No 2 (2020)

PERAN GURU IPA SMP SEBAGAI FASILITATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH

Shofiya, Siti (Unknown)
Sartika, Septi Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPA SMP dalam kegitan belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan triangulasi sumber, yang meliputi guru IPA kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengambilan data berupa teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru IPA di SMP YP 17 Surabaya sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator sesuai dengan indicator kecuali aspek menyampaikan materi melalui video conference. Faktor – faktor yang menghambat guru menjalakan perannya sebagai fasilitator yaitu 1) koneksi internet yang kurang bagus di daerah tertentu; 2) banyak siswa yang tidak memiliki handphone pribadi; 3) orang tua terbatas dalam membeli kuota data yang penggunaan lebih dari biasanya. Saran untuk peneliti selanjutnya, penelitian yang dilakukan dapat dikembangkan untuk peran guru yang lainnya, misalnya sebagai motivator, kreator, inovator, dan sebagainya.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...