Jurnal Civic Hukum
Vol. 6 No. 1 (2021): Mei 2021

Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU

Rohmad Widodo (Universitas Muhammadiyah Malang)
M Mansur (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pendekatan yang digunakan dalam  penguatan pendidikann karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammdiyah 06 Dau Kabupaten Malang; (2) faktor-faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penguatan pendidikann karakter; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam penguatan pendidikann karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif yang bertempat di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) ada tiga pendekatan  dalam penguatan pendidikan karakter dalam menyiapkan generasi emas di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang, yaitu pendekatan melalui pengembangan kultur sekolah, pengembangan diri dan diintegrasikan melalui pembelajaran; (2) faktor-faktor yang mendukung penguatan pendidikan karakter di sekolah adalah lingkungan sekolah yang cukup kondusif, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan guru yang cukup kompeten, dan kendala yang dihadapi adalah siswa-siswa  dirumah tidak diajarkan apa yang dilakukan di sekolah, sebagian siswa sulit diajak baik, karena latar belakang siswa yang berbeda-beda; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala adalah guru secara terus-menerus berusaha memberikan bimbingan kepada siswa, guru memberikan reward (penghargaan/pujian) atau punishment (hukuman) bagi siswa, serta wali kelas/guru menggunakan buku hubung dengan wali murid.

Copyrights © 2021