Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI)
Vol 4 No 2 (2020)

PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh)

Mislinawati (Unknown)
Dini Attar (Politeknik Aceh)
Muhammad Ikhsan (Politeknik Aceh)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia dan komitmen organisasi terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual di Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pegawai Badan Pengelolaan keuangan Kota Banda Aceh. Jenis penentuan sampel adalah dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan langsung kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi Statistical Package For Social Science (SPSS) 25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel sumber daya manusia tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. variabel komitmen organisasi berpengaruh dan signifikan terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual sedangkan secara simultan kedua variabel berpengaruh dan signifikan terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jensi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal PEnelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang ekonomi, keuangan dan bisnis, yang dierbitkan sejak tahun 2017, dan terbit 1 tahun 2 kali, yaitu setiap bulan Juni dan ...