Buletin KKN Pendidikan
Vol. 2, No. 2, Desember 2020

Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri

Siti Hadiyati Nur Hafida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arga Prasetya Ariandi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Laela Ismiyatin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Diyah Ayu Wulandari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Novita Reygina (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Tri Setyaningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Lia Setyawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Salma Lutfiani Sochiba (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Moh Afif Khoirul Amin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Herbarium merupakan suatu eksperimen dari bahan tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu yang dilengkapi dengan data-data dan manfaat dari tumbuhan tersebut. Ada beberapa tahapan dari pembuatan herbarium, dimulai dari pengumpulan tanaman, pengeringan, pengawetan, dan pembuatan herbarium. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi yang digunakan di MIM Plumbon, Kecamatan Eromoko. Sasaran penelitian adalah siswa MIM Plumbon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)  herbarium ini termasuk herbarium kering, (2) Tumbuhan yang digunakan dalam herbarium ini antara lain,  daun pepaya, daun singkong, daun jambu biji, dan daun seledri, (3) Penyampaian manfaat tanaman obat yang telah dikeringkan unutk di sosialisasikan kepada seluruh warga MIM Plumbon. (4) Tingkat pengetahuan dan perilaku sikap ilmiah tergolong rendah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...