Buletin KKN Pendidikan
Vol. 2, No. 2, Desember 2020

Penanggulangan Bullying dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali

Nurhidayat Nurhidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Achmad Muthali'in (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Handayani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Maryadi Maryadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Kiki Nirmala Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ilya Wahyu Al Haniyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
khais Nur Ulfa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rizka Mafida Feby Firdareza (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Khusnul Maulidiya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Eni Ratnasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
N. F. Andaruningtyas (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan kegiatan pengabdian masyarakat terkait identifikasi dan sosialisasi tentang jenis dan tindakan bullying terhadap anak usia dini pada seluruh siswa MI Muhammadiyah Bendo PK Kabupaten Boyolali. Kasus Bullying sering terjadi di lingkungan sekolah maupun luar sekolah bahkan sudah menjadi budaya yang dianggap sepele, padahal kasus ini memiliki resiko yang tentunya berdampak buruk pada korban, pelaku serta orang-orang sekitar. Bentuk umum yang terjadi pada kasus bullying di sekolah adalah verbal, fisik, dan psikologi. Kegiatan ini berdasar data siswa siswi MI Muhammadiyah Bendo PK Kabupaten Boyolali kelas I (satu) sampai VI (enam) yang berjumlah 150 orang. Pengabdian ini diawali dengan kajian sederhana menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif dan observasi, serta didukung dengan teknik Wawancara dan Dokumentasi. Selanjutnya dilakukan diseminasi kepada stakeholder yang ada di MI Muhamamdiyah Bendo PK sebagai tindak lanjut kegiatan pengabdian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...