Buletin KKN Pendidikan
Vol. 3, No. 1, Juli 2021

Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah

Muhammad Fahmi Johan Syah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nur Amalia (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Budi Utami (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ninda Dwi Astuti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Rohmadi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Peralihan dari TK (Taman Kanak-kanak) menuju tingkat sekolah dasar memerlukan penyesuaian perkembangan motorik. Perkembangan tersebut tidak jauh dari keterampilan menulis. Sayangnya, keterlambatan menulis permulaan di kalangan siswa SD kelas 1 bisa menjadi permasalahan yang kerapkali ditemui. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendes-kripsikan dan memecahkan permasalahan terkait keterlambatan perkembangan motorik (menulis permulaan) anak sekolah dasar khususnya pada salah satu siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Tumang. Metode pengabdian yang digunakan yakni partisipatif, diawali dengan studi deskriptif terhadap fenomena, pengumpulan data dan analisis, penyajian hasil, diseminasi, dan pendampingan. Hasil pengabdian ini merekomendasikan pemberian dukungan kepada siswa dengan keterlambatan perkembangan motorik untuk mengoptimalkan keunggulan dan minat yang dimiliki guna dikolaborasikan dalam rangka mengatasi keterlambatan menulis permulaan yang dialami.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...