Dalam pembelajaran olahraga atletik kreatifitas guru sangat diperlukan untuk melahirkan ide gerak yang mudah dilakukan oleh siswa, guru dapat memanfaatkan alat-alat sederhana yang terpenting dari semuanya itu adalah faktor kegembiraan pada anak yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut, sehingga anak akan tertarik dan mulai menyukai olahraga atletik. Untuk mewujudkan suasana yang menggembirakan diperlukan pengembangan atletik yang bernuansa permainan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Buay Runjung terhadap olahraga lempar lembing dengan media lempar rocket. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari data angket (kuesioner) minat belajar siswa. Data hasil evaluasi belajar kognitif, psikomotor, dan afektif pada siswa. Berdasarkan hasil dari angket motivasi dan hasil tes yang diberikan pada saat siklus I nilai rata rata angket motivasi siswa diperoleh 55.80 dan pada siklus II nilai rata rata diperoleh 80.89 sudah terlihat peningkatannya. Sedangkan hasil evaluasi belajar diperoleh rata-rata pada siklus I 66.54 dan pada siklus II diperoleh 81.33 terlihat meningkat dari siklus sebelumnya. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, Hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Buay Runjung pada mata pelajaran Penjaskes dengan materi modifikasi lempar lembing menggunakan media rocket mengalami peningkatan yang signifikan setelah pembelajaran menggunakan objek nyata modifikasi lempar rocket dengan metode demonstrasi.
Copyrights © 2021