Tujuan penelitian untuk merancang film animasi asal-usul Punakawan sebagai simbol kebijaksanaan untuk pendidikan budaya bagi anak dan remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penulisan kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan kemudian dianalisis terkait dengan media yang sudah ada. Punakawan adalah tokoh dagelan dan penasihat atau dijadikan contoh dalam sajian pagelaran wayang. Belum banyak informasi yang menjelaskan tentang pewayangan khususnya tokoh Punakawan. Dapat disimpulkan bahwa visualisasi film animasi dapat menarik minat lebih banyak dan langsung berpengaruh pada anak dan remaja. Film animasi Punakawan ini berdurasi 3 sampai 6 menit. Film animasi ini dibuat untuk anak dan remaja dengan usia 12 sampai 15 tahun. Unsur yang terdapat di dalam film animasi ini menggunakan gaya karakter kartun semirealis, sehingga menjadi rangkaian gambar yang memiliki kemampuan menarik untuk menyampaikan ide dan cerita. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan film animasi asal-usul Punakawan sebagai simbol kebijaksanaan untuk pendidikan budaya agar dapat memperkenalkan dan menambah film animasi Punakawan kepada anak dan remaja agar generasi sekarang serta mengenalkan kebudayaan Indonesia.
Copyrights © 2020