Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya
Vol 3, No 3 (2021): Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya

Analisis Semiotika Makna Pesan Dalam Iklan Oreo “Penuh Keajaiban” Versi Hiu

Firman Syidik Ramdani (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI)
Indah Safitri (Unknown)
Nurulfatmi Amzy (Unindra)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Pada tahun 2015 lalu salah satu perusahaan biskuit dengan merek dagang Oreo mengeluarkan iklan dengan tema “Penuh Keajaiban” yang dibuat dalam beberapa versi untuk memperluas target pasarnya. Iklan tersebut dibuat dengan menampilkan visual animasi dengan jingle yang menarik. Artikel ini akan mengkaji salah satu dari seri iklan yang dikeluarkan Oreo tersebut dengan versi karakter hiu. Iklan sebagai media paling efektif dari serangkaian kegiatan untuk mempromosikan produk dan merupakan suatu bentuk informasi dari produsen kepada konsumen. Dengan konsep yang baik, Iklan Oreo ini dapat menarik perhatian dan mudah diingat oleh audiens. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan serta citra apa yang ingin disampaikan Oreo pada iklannya yang bertemakan “Penuh Keajaiban” dengan versi karakter hiu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengunakan data-data literatur terkait dengan objek kajian ini, dan dengan pendekatan teori semiotika Roland Barthes. Dengan teori semiotika, penulis menganalisa komponen-komponen tanda yang ada pada iklan dan membaginya menjadi tiga jenis yaitu denotasi, konotasi dan mitos untuk memahami makna dari iklan. Hasil penelitian ini bahwa pesan yang ada pada iklan Oreo tema penuh keajaiban seri hiu ini merupakan visualisasi dari segmentasi target pasar dari produk oreo yang mencangkup semua kalangan dan citra yang ingin dibangun oleh Oreo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vhdkv

Publisher

Subject

Humanities

Description

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya fokus untuk menerbitkan artikel hasil karya mahasiswa baik dalam bentuk penciptaan maupun pengkajian untuk semua aspek meliputi laporan penelitian terbaru, ide-ide konseptual, dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dalam bidang ...