PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK SISIWA KELAS IV SDN 3 PANCOR

Safruddin Safruddin (PGSD, FKIP, Universitas Mataram)
Nasaruddin Nasaruddin (Prodi PGSD, FKIP, UNRAM)
Nurul Kemala Dewi (Prodi PGSD, FKIP, UNRAM)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Pendidikan jasmani adalah suatu proses melalui aktivitas jasmani, yang dirancang dan disusun secara sistematik, untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, kecerdasan dan pembentukan watak, serta nilai dan sikap yang positif bagi setiap warga negara dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Atletik memegang peranan penting dalam pengembangan kondisi fisik, dan sering menjadi dasar pokok untuk pengembangan maupun peningkatan prestasi yang optimal bagi cabang olahraga yang lain. Proses penyampaian materi atletik yang disajikan dengan menggunakan berbagai metode merupakan pendekatan yang mungkin akan lebih efektif, dapat membuat pembelajaran lebih menarik sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar langsung dengan bebas mengunakan modalitas yang dimilikinya untuk mencapai pemahaman dan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap keterampilan lari jarak pendek siswa kelas IV SDN 3 Pancor. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah bentuk One Grup Pretest and Postest Desain, yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa adanya kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain tersebut dikarenakan agar penelitian terfokuskan pada satu kelas saja. Hasil hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t, dapat dilihat bahwa t hitung sebesar 13.551 > 2.042 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) Terhadap Keterampilan Berlari Jarak Pendek Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pancor Tahun Ajaran 2018/2019”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...