PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2021): Januari 2021

NILAI KARAKTER RELIGIUS CERITA RAKYAT PERTAPAAN RATU KALINYAMAT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Erlina Rafika Wardani (Universitas Muria Kudus)
Irfai Fathurohman (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Syafruddin Kuryanto (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini adalah cerita rakyat Pertapaan Ratu Kalinyamat. Ada 6 informan penting yang menjadi sumber data dari penelitian ini, yaitu: Kepala Desa Tulakan, Pengurus Kediaman Ratu Kalinyamat, Jemaah Haji, Tokoh Masyarakat, Guru Sekolah Dasar, dan Siswa Sekolah Dasar. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Nilai karakter religius dalam cerita rakyat pertapaan ratu kalinyamat memiliki 5 dimensi yaitu keyakinan agama, praktik keagamaan, perasaan religius, pengetahuan agama, dan efek religius. Semua dimensi tersebut merupakan dimensi yang mengukur sejauh mana perilaku seseorang dimotivasi oleh ajaran agama masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...