Jasa perhotelan merupakan bagian yang memiliki peran penting dalam keberhasilan sektor pariiwisata. Seiring semakin dikenalnya Kota Blitar sebagai kota pariwisata tidak hanya dalam skala dalam negeri namun juga skala dunia, maka di butuhkan respon yang lebih baik dari para pelaku jasa perhotelan di kota tersebut. Pengembangan jasa perhotelan dikota tersebut seharusnya diikuti dengan upaya analisis lingkungan secara sistematis, faktual dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi situasi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi sektor jasa perhotelan di Kota Blitar. Dari hasil identifikasi tersebut, selanjutnya menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluan, dan ancaman yang dimiliki sektor jasa perhotelan dikota itu. Terakhir, penelitian ini berupaya merekomendasikan strategi-strategi alternatif yang diharapkan mendukung pengembangan sektor jasa perhotelan di Kota Blitar. Penelitian berjenis deskriptif ini menggunakan sudut pandang kualitatif. Populasi adalah seluruh usaha jasa hotel dan penginapan yang beroperasi di Kota Blitar dan tercatat pada buku publikasi BPS Kota Blitar Tahun 2014 Responden dipilih secara purposive atau sampel bertujuan, yaitu manajer hotel yang benar-benar memahami kondisi riil yang terkait dengan prospek pengembangan sektor jasa perhotelan Kota Blitar. Metode analisis menggunakan Matriks SWOT, yang menggambarkan secara sistematis bagaimana interaksi antara kekuatan (strenghts) dan kelemahan (weaknesses) yang dimiliki secara internal oleh sektor jasa perhotelan terhadap peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang dihadapi secara eksternal oleh sektor tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sektor jasa perhotelan di Kota Blitar memiliki empat faktor kekuatan (strengths), lima faktor kelemahan (weaknesses), enam faktor peluang (opportunities), serta empat faktor ancaman (threats). Berdasarkan analisis Matriks SWOT, direkomendasikan dua alternatif strategi SO, lima alternatif strategi WO, empat alternatif strategi ST, dan tiga alternatif strategi WT. Kata Kunci : Perhotelan, SWOT
Copyrights © 2020