NANAEKE
Vol 4 No 1 (2021)

PENCAPAIAN INDIKATOR SEKOLAH RAMAH ANAK PADA PAUD DI KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO

Rismayani Rismayani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Afiif (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Besse Marjani Alwi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ilyas Ismail (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indikator-indikator pencapaian pendidikan ramah anak yang diterapkan lembaga pendidikan anak usia dini di Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Tulisan ini dihasilkan melalui penelitian lapangan (Field Reaserch) metode Kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari lingkungan dan bangunan sekolah TK Negeri Pembina dan TK PGRI Totengriajarangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, data display, dan tahap penarikan kesimpulan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 4 komponen pendidikan ramah anak sekolah TK Negeri Pembina telah menerapkan yaitu: 1) komponen Kebijakan sekolah menerapkan 7 indikator; 2) Pelaksanaan kurikulum menerapkan 7 indikator; 3) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak dengan 2 indikator tercapai dari 7 indikator; 4) Komponen sarana prasarana memenuhi 13 dari 16 indikator. Sekolah TK PGRI Totengriajarangi telah menerapkan 4 komponen yaitu: 1) Komponen kebijakan sekolah menerapkan 2 dari 7 indikator; 2) komponen pelaksanaan kurikulum menerapkan 7 indikator; 3) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak menerapkan 1 dari 7 indikator; 4) Komponen sarana prasarana menerapkan 13 dari 16 indikator. Implikasi penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik serta mewujudkan lingkungan yang mendukung peserta didik untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nanaeke

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education aims to provide a forum for researchers in education, especially from Islamic studies to publish the original articles. The scope of NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education is teaching and learning, education policy, ...