JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2020)

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 11 BINTAN

Yudhi Hanggara (program studi pendidikan matematika universitas riau kepulauan, batam)
Riska Nur Aini (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berupa modul pada materi lingkaran dengan pendekatan kontekstual untuk SMP kelas VIII, serta mengetahui kualitas bahan ajar ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan modul dilakukan berdasarkan model 4D (four-D) namun dalam penelitian ini yang dilakukan 3 tahapan dengan tahapan define, desain, dan development. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian modul untuk ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan, soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan, serta angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 11 Bintan pada kelas VIII E. Hasil penelitian ini berupa modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa modul yang dikembangkan sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...