AKSIOMA
Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari KAM siswa

Agus Rifa'i (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Pemahaman  matematis  di  MTs Al Ulya Al Mubarok Kota Serang masih  sangat rendah, terutama dalam pemahaman materi bilangan bulat dan pecahan. Berkaitan dengan hal ini, perlu adanya inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model  pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar dengan ini kita perlu menggunakan model pembelajaran, PBL merupakan sebuah model pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif peserta didik untuk memecahkan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model PBL dalam  meningkatkan pemahaman matematis siswa MTs. Penelitian ini berjenis quasi experimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group design. Adapun instrument yang  digunakan untuk mengukur pemahaman adalah  tes  yang  terdiri  dari  soal-soal uraian. Tes diberikan sebelum dan setelah  pembelajaran,  lalu  dianalisis   dengan  menggunakan anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL lebih efektif dalam  meningkatkan pemahaman matematis  siswa.  Hal  ini  terlihat  dari  hasil ata-rata nilai posttes kelompok eksperimen adalah 75,33, sedangkan rata-rata  nilai posttes kelompok  kontrol  adalah  71,07.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...