Jurnal Amal Pendidikan
Vol 1, No 2 (2020): Edisi Agustus 2020

Pengaruh Tipe Soal Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas

Noor Lailah Sahlan (Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Abdul Rahman A. Ghani (Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ernawati Ernawati (Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh tipe soal pilihan ganda terhadap skor hasil belajar biologi siswa, pengaruh jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi siswa, dan interaksi antara tipe soal pilihan ganda dengan jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental (percobaan semu)  dan menyerupai model faktorial 2x2. Lokasi penelitian yaitu di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pengujian persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan melalui teknik analisis  varians (ANOVA) dua jalur menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian  membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh tipe soal pilihan ganda terhadap skor hasil belajar biologi, (2) terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi, dan (3) tidak terdapat interaksi antara tipe soal pilihan ganda dengan jenis kelamin terhadap skor hasil belajar biologi pada tingkat signifikansi α = 5%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...