Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): November

Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli

Devi Ayu Nur'aini (Universitas Negeri Malang)
Puput Diah Lestari (Universitas Negeri Malang)
Bakhrul Rizky Kurniawan (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media asesmen formatif berbasis komputer pada materi hukum Bernoulli, menguji kevalidan dan kepraktisan media, serta mengetahui respon siswa. Asesmen formatif menjadi salah satu cara untuk mengetahui penerimaan siswa terhadap suatu materi. Salah satu inovasi dalam bidang penilaian adalah penerapan asesmen berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D dengan tahapan mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan menyebarkan. Hasil validasi ahli media dan isi diperoleh persentase sebesar 94,6% dan 96,2% yang tergolong sangat baik dan layak digunakan. Uji coba terbatas diperoleh rerata persentase sebesar 85,34% yang tergolong sangat baik dan layak digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...