Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): November

Meningkatkan HOTS Siswa Melalui Penerapan LKS Berbasis Open-Ended Problem dalam Pembelajaran IPA

Sunaryo Romli (SMP IT Ar-Raihan, Bandar Lampung)
Agustiawan Agustiawan (SMP IT Ar-Raihan, Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan HOTS siswa melalui penerapan lembar kerja siswa (LKS) berbasis open-ended problem pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dengan instrument HOTS, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan pada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu (1) HOTS siswa pada siklus I meningkat dari prasiklus dan meningkat dari siklus I ke siklus berikutnya, dan (2) nilai tes HOTS siswa mencapai KKM yaitu ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS sebelum tindakan sebanyak 10 siswa tuntas (40%) dengan nilai rata-rata kelas 46,81 dan predikat keterampilan HOTS sedang. Setelah tindakan menjadi 22 siswa tuntas (88%) dengan rata-rata kelas 82,38 dan predikat keterampilan HOT tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKS berbasis open-ended problem pada pembelajaran IPA terbukti efektif meningkatkan HOTS siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...