Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2018)

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Anintya Putri Wahyuni (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)
Abdul Basir Abbas (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)
Kukuh Kukuh (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman struktur terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda, yang terdiri dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Cluster Sampling, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIIE dengan model pembelajaran Discovery Learning sebagai eksperimen dan kelas VIID dengan model pembelajaran langsung sebagai kontrol. Pengumpulan data dengan melakukan observasi dan tes hasil belajar matematika berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan pengujian sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Langsung sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...