Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2020): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Strategi Pemasaran Jasa Dan Layanan Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Di MTs Negeri Kota Cilegon): (Studi di MTs Negeri Kota Cilegon)

Anis Fauzi Anis (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Agus Gunawan (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Feri Hendri (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Pentingnya pelayanan pendidikan yang bermutu merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi di sekolah. Mutu pendidikan menjadi jaminan yang penting bagi madrasah dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitiannya yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru dan wali murid/anggota komite sekolah. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan di MTs Negeri Kota Cilegon dalam meningkatkan mutu pendidikan menggunakan dua cara yaitu: (a) pemasaran secara langsung, yaitu dengan cara promosi dan publikasidi media cetak (brousur), dan (b) pemasaran secara tidak langsung, yaitu dengan cara penawaran berbagai kegiatan ekstrakurikuler: seperti mengadakan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di lokasi MTs Negeri Kota Colegon; (2) Layanan pendidikan di MTs Negeri Kota Cilegon dilakukan dalam bentuk layanan pembelajaran, personalia, bimbingan, keuangan, administrasi, kemudian layanan informasi, dan (3) Strategi peningkatan mutu Pendidikan di MTs Negeri Kota Cilegon dilaksanakan dengan memenuhi faktor yang dibutuhkan yaitu: Kepemimpinan Kepala sekolah, guru, peserta didik, kurikulum; dan jaringan kerjasama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...