FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): FARABI

Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik

Kintan Ayu Septiany (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)
Hari Sumardi (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)
Nurul Astuty Yensi B (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian Bab Himpunan dan Bab Bentuk Aljabar berdasarkan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kesesuaian materi berdasarkan pendekatan saintifik. Sumber data penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VII semester I terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi menggunakan lembar instrumen yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bab himpunan memiliki tingkat kesesuaian sebesar 83,21% kategori sesuai dengan persentase mengamati 100%, menanya 79,44%, mengumpulkan informasi 53,33%, menalar 90% dan t mengkomunikasikan 100% (2) Bab Bentuk Aljabar memiliki tingkat kesesuaian sebesar 86,66% kategori sangat sesuai dengan peresentase mengamati 100%, menanya 93,33, mengumpulkan informasi 60%, menalar 90% dan mengkomunikasikan 100%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...