FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): FARABI

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Khoiruddin Matondang (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
Ade Rahman Matondang (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Al Washliyah, Medan-Indonesia)
Risna Mira Bella Saragih (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
Israq Maharani (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas VII SMP Yaspi Labuhan Deli. Instrument yang digunakan tes pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Tes dan angket tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sebesar 0,82 dan 0,76. Analisis data dilakukan dengan uji t dan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...