Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Pusomaen

Fitri Laode (Universitas Negeri Manado)
Zusje W. M. Warouw (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Minat dan motivasi belajar siswa yang masih kurang dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dan rendahnya hasil belajar serta siswa kurang berperan aktif masih menjadi masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 2 Pusomaen dan sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 57,10 sedangkan pada kelas kontrol adalah 51,14. Setelah diuji statistik melalui uji-t, diperoleh thitung = 4,180 > ttabel = 1.685. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran example non example pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Pusomaen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...