Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 5, No 1 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan

PENGARUH E-COMMERCE DAN PROMOTION SALE TERHADAP PENJUALAN PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR

Mohamad Nur Hidayat (Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

ABSTRAK Pemasaran merupakan proses yang sangat penting dalam dunia bisnis karena menentukan keberlangsungan suatu usaha. Tugas manajemen pemasaran adalah menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, menentukan barang tersebut akan dijual kesegmen pasar yang bagaimana dan menentukan media promosi apa yang digunakan. Pada penelitian ini, peneliti berkesempatan melaksanakan penelitian pada PT. Toyota-Astra Motor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh e-commerce dan promotion sale terhadap penjualan pada PT. Toyota-Astra Motor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan PT. Toyota-Astra Motor Jl. Laks. Yos Sudarso, Jakarta Utara. Pengambilan data menggunakan purposive sampling yang didistribusikan kepada 65 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan bantuan software SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan promotion sale secara simultan berpengaruh terhadap penjualan seperti yang ditunjukkan oleh tingkat signifikansi F < a (0,00 < 0,05) dan R-square sebesar 0,661. Artinya kontribusi e-commerce dan promotion sale adalah 66,1%. sedangkan sisanya 33,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Secara parsial, e-commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan sebesar 1,069 dan promotion sale berpengaruh signifikan terhadap penjualan sebesar 6,511.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

competitive

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Subjek area COMPETITIVE meliputi: Auditing, Perpajakan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keperilakuan, Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Corporate Sustainability, dan Manajemen ...