ABSTRAK Pemasaran merupakan proses yang sangat penting dalam dunia bisnis karena menentukan keberlangsungan suatu usaha. Tugas manajemen pemasaran adalah menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, menentukan barang tersebut akan dijual kesegmen pasar yang bagaimana dan menentukan media promosi apa yang digunakan. Pada penelitian ini, peneliti berkesempatan melaksanakan penelitian pada PT. Toyota-Astra Motor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh e-commerce dan promotion sale terhadap penjualan pada PT. Toyota-Astra Motor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan PT. Toyota-Astra Motor Jl. Laks. Yos Sudarso, Jakarta Utara. Pengambilan data menggunakan purposive sampling yang didistribusikan kepada 65 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan bantuan software SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan promotion sale secara simultan berpengaruh terhadap penjualan seperti yang ditunjukkan oleh tingkat signifikansi F < a (0,00 < 0,05) dan R-square sebesar 0,661. Artinya kontribusi e-commerce dan promotion sale adalah 66,1%. sedangkan sisanya 33,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Secara parsial, e-commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan sebesar 1,069 dan promotion sale berpengaruh signifikan terhadap penjualan sebesar 6,511.
Copyrights © 2021