Jurnal Edukasi Universitas Jember
Vol 7 No 1: Maret 2020

Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP Model Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan Siswa Sekolah Menengah Pertama

T Turini (Universitas Mulawarman)
Vandalita M.M. Rambitan (Universitas Mulawarman)
Elsje Theodora Maasawet (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Permasalahan yang kerap terjadi adalah kurangnya kemampuan guru dalam hal mengembangkan perangkat pembelajaran RPP model inkuiri terbimbing di sekolah SMP terutama pada materi sistem gerak pada tumbuhan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru pada saat mengembangkan pembelajaran RPP model inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan instrument berisi komponen dari RPP yang akan disebarkan pada guru enam SMP (SMPN 1, 2, 3, 4, SMP YPM Tenggarong Seberang dan SMPN 5 Sebulu) Kabupaten Kutai Kartanegara. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP yang ada di kecamatan Tenggarong Seberang dan satu sekolah SMPN 5 kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara kemudian sampel penelitian ini berjumlah 15 orang guru dengan bidang keahlian (Biologi, Fisika dan Kimia). Penelitian ini merupakan analsisi kebutuhan untuk mengetahui kenyataan di lapangan yang berhubungan dengan proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di Sekolah. Teknik analisis data menggunakan persentase %. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat RPP terkait Identitas sekolah 100% guru paham akan dal tersebut, KI 100% guru paham karena telah ditentukan dalam Silabus, Merumuskan KD 75% guru tidak paham, Merumuskan Tujuan 87,5% guru tidak paham, Strategi pembelajaran 75% guru tidak paham, Materi pembelajaran 75% guru tidak paham, sintaks pembelajarn 87,5% guru tidak paham dan evaluasi pembelajaran 87,5% guru tidak paham. Kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan perangkat RPP model inkuiri terbimbing mengakibatkan hasil belajar siswa menurun Kata Kunci: RPP, Inkuiri terbimbing, Sistem Gerak Tumbuhan

Copyrights © 2020