Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 6 No 1 (2021): Edisi Januari 2021

Penugasan Pembuatan Tik Tok untuk Mencapai Kompetensi Menafsirkan Instruksi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Sri Moerni (SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Penulisan best practice ini memiliki tujuan: 1) Siswa dapat menerapkan instruksi dalam bahasa Perancis bagi siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2019-2020 dengan lafal, intonasi dan sikap yang benar. 2) Dapat diketahui langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan strategi pembuatan Tik Tok video pendek yang berisi tentang pemberian instruksi untuk tetap tinggal di rumah selama pandemi Covid-19. Instruksi yang disampaikan dalam video Tik Tok berkaitan dengan sosialisasi salah satu protokol Covid-19, yakni tetap tinggal di rumah, demi meminimalkan penularan virus Corona. Dengan pembuatan video Tik Tok yang sangat digemari anak-anak milenial dan meluasnya penggunaan media sosial, momentum ini harus dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pembelajaran online. Pembelajaran inidilakukan secara mandiri dan kolegial, Dalam penilaiannya, penekanaan pada ketepatan lafal, intonasi dan sikapi. Berdasarkan analisis penilaian, diperoleh rata-rata nilai siswa 87,80. Sebanyak 82,14% siswa dapat melafalkan kalimat imperatif dengan benar, 94,05% siswa dapat menggunakan intonasi dengan benar, dan 92,86 % memiliki kepercayaan diri yang baik. Langkah-langkah pembuatan video Tik Tok ini dapat diketahui dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil. Dalam menyelesaikan tugas, siswa melakukan secara individu dan menggabungkannya dalam kelompok besar, sehingga menjadi satu karya yang merepresentasikan produk kelompok, kolaborasi antar siswa di kelas dapat terlihat secara jelas. Dengan pembuatan video Tik Tok terjadi peningkatan kompetensi dalam menafsirkan instruksi melalui pembelajaran online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...