Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 6 No 2 (2021): Edisi Mei 2021

Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab

Ariswati Baruno (SMA Negeri 7 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Materi genetik adalah salah satu materi yang abstrak, rumit, dan sulit untuk dipahami, sehingga untuk mempermudah pemahaman dipilih model pembelajaran Guided Inquiry yang terintegrasi dengan media virtual lab. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk menentukan apakah model pembelajaran Guided Inquiry yang terintegrasi dengan virtual lab dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis 32 peserta didik pada Kelas XII IPA 3 pada SMAN 7 Yogyakarta pada materi genetik. PTK dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing berisi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berbentuk outcome, portofolio, kinerja, dan respon peserta didik. Teknik pengumpulan data memakai teknik tes (hasil pembelajaran) dan bukan tes (tugas, kinerja, dan kuesioner). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry terintegrasi virtual lab dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada peserta didik Kelas XII IPA 3 SMAN 7 Yogyakarta pada materi genetik dari 75,68% menjadi 78,08%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...