Jurnal Sains Dasar
Vol 9, No 2 (2020): October 2020

Sintesis dan Karakterisasi Antibakteri Polyacrylamide yang Difungsionalisasi oleh Graphene Oxide dengan Metode Adsorpsi Fisis

Fika Fauzi (Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Silvia Nur Fatmawati (Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Fitria Wulandari (Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Wipsar Sunu Brams Dwandaru (Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Inovasi dalam teknologi pelapis antibakteri sangat dibutuhkan untuk melawan kolonisasi bakteri pada permukaan peralatan fungsional seperti peralatan medis. Pelapis antibakteri tersebut selain memiliki efek antibakteri juga harus bersifat tidak beracun atau biokompatibel. Polyacrylamide (PAM) terkenal sebagai polimer yang biokompatibel namun tidak memiliki efek antibakteri dan graphene oxide (GO) merupakan salah satu material baru yang memiliki efek antibakteri. Dalam studi ini, komposit PAM/GO telah disintesis dengan pendekatan adsorpsi fisis antara molekul polimer dan lembaran GO melalui metode ultrasonik. Struktur dari komposit ini kemudian dianalisis dengan spektroskopi UV-Vis dan FTIR. Dari data spektroskopi tersebut diperoleh bahwa komposit PAM/GO berhasil disintesis melalui pendekatan interaksi adsorpsi fisis. Sementara itu, uji antibakteri pada bakteri S. aureus menunjukkan bahwa PAM/GO memiliki efek antibakteri yang signifikan meskipun dengan komposisi GO yang hanya 1,5% dari komposisi PAM. Hal ini dapat menjadi pembuka untuk memanfaatkan PAM/GO sebagai pelapis antibakteri yang biokompatibel.

Copyrights © 2020