Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar

PENGEMBANGAN METODE SAS BERBASIS MULTIMEDIA BERDASARKAN PARADIGMA PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Purnomo, Purnomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

ujuan penelitian ini untuk : (1) menghasilkan model metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)berbasis multimedia berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 yang efektif mampu meningkatkanketerampilan literasi siswa kelas 1 SD, (2) menguji tingkat efektivitas model metode Struktural AnalitikSintetik (SAS) berbasis multimedia berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dalam meningkatkanketerampilan literasi siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development.Langkah-langkah dalam penelitian Research and Development ini diawali dengan pendefisian danperancangan model, pengembangan model berupa uji coba model melalui penelitian tindakan kelas untukpengembangan prototipa model metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbasis multimedia berdasarkanparadigma pembelajaran abad 21 , kemudian dilanjutkan dengan uji validasi model melalui eksperimen,sampai diperoleh hasil pengembangan yang siap didiseminasikan. Teknik penelitian yang digunakan antaralain: (1) survey, (2) Delphi, (3) penelitian tindakan kelas, serta (4) eksperimen. Subjek penelitian ini adalahSiswa SD Kelas 1 di Gugus Ki Hajar Dewantoro Dabin I kecamatan Tugu kota Semarang tahun akademik2020/2021. Teknik pengumpulan menggunakan : (1) wawancara, (2) studi dokumentasi, (3) observasi, (4)tes. Teknik analisis hasil pengembangan model menggunakan: (1) Teknik Delphi, (2) Analisis Kualitatif, (3)Analisis Deskriptif, (4) Teknik t-test. Teknik analisis hasil uji validasi model menggunakan : (1) Teknik ttes, (2) Analisis Kovarians. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Model membaca menulis permulaan yangefektif dengan model pembelajaran metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbasis multimediaberdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dibagi menjadi 2 tahap yaitu membaca tanpa buku danmembaca dengan buku. Pembelajaran membaca tanpa buku terdiri atas 5 putaran , kemudian dilanjutkanmembaca dengan buku sebagai bahan pengulangan membaca tanpa buku. Kegiatan membaca dengan bukuselalu bertitik tolak dari 3 kegiatan pokok metode SAS yaitu struktur, menganalisis, dan mensintesiskankembali; (2) Dengan mengontrol variabel usia, model pembelajaran metode Struktural Analitik Sintetik(SAS) berbasis multimedia berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 lebih efektif daripada modelpembelajaran konvensional (metode eja) dalam meningkatkan keterampilan literasi pada siswa kelas 1 SD,dimana F hitung (Fo) = 4,729 dan F probabilitas (Fp) = 0,039. Saran yang diajukan terkait dengan hasilpenelitian ini antara lain : untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, khususnyaketerampilan literasi kelas 1 SD, guru dapat menggunakan model metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)berbasis multimedia berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 sebagai salah satu metode pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan yang diterbitkan secara berkala 6 ...