Serat Acitya
Vol 9, No 2 (2020): Kinerja Bersama Menuju Keadilan Sosial

Marketing Performance of SMEs at Demak Regency

Joko Riyanto (FEB UNTAG Semarang)
Wuryanto Wuryanto (FEB UNTAG Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pengusaha UMK bidang usaha makanan/makanan olahan/kuliner di Kabupaten Demak yang berjumlah 81 pengusaha yang tercatat di Dindagkop dan UMK Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel non acak dengan cara cara total sampling atau sampel jenuh atau sampel sensus. Jenis datanya primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara dan studi pustaka dengan kuesioner sebagai alat bantu. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :  Inovasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.Kata Kunci          :        Inovasi, Orientasi pasar, Kinerja PemasaranAbstractThis study aims to determine the effect of innovation and market orientation on marketing performance. The population and sample of this study were UMK entrepreneurs in the field of food / processed food / culinary business in Demak Regency, amounting to 81 entrepreneurs registered at Dindagkop and UMK in Demak Regency. The sampling technique used is non-random sampling by means of total sampling or saturated samples or census samples. Primary and secondary data types. The method of data collection is by interview and literature study with a questionnaire as a tool. The analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that:  Innovation effects on marketing performance was positive not significantly.  Market orientation effects on marketing performance was positive not significantly.Keywords          :     Innovation, Market orientation, Marketing Performance

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sa

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal ini dikembangkan dari mulai terbit tahun 2012. Jurnal Ilmiah ini mempublikasikan naskah hasil penelitian lapangan atau penelitian pustaka yang berkaitan dengan bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Ruang lingkup publikasi antara lain: Akuntansi Manajemen Akuntansi Keperilakuan Akuntansi ...