Jurnal Akademik Pendidikan Matematika
Volume 6, Nomor 2, November 2020

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton

Wa Ode Sri Astuti Putri Anzar (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Dian Lestari (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Rumusah masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton yang terdiri dari 2 kelas.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 siswa.Instrumen penelitian ini yaitu angket awal dan angket akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata diperoleh nilai thitung sebesar 4,734 dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik ...